5 Alasan Mengapa Kamu Harus Berkuda

Akhir-akhir ini banyak kalangan yang mulai menggemari olahraga Berkuda. tidak hanya kalangan para Tokoh dan para artist, namun juga kalangan masyarakat umum. mulai dari anak-anak, remaja, pasangan suami istri, bahkan sampai usia 50 tahunan.

kenapa sih.. harus olahraga berkuda?

Berikut adalah 5 Alasan Mengapa Kamu Harus Berkuda 

1. Berkuda Merupakan Sunnah 

 

Sebagai seorang muslim Berkuda merupakan olahraga yang memiliki keutamaan ketika diamalkan. Rosulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam memberikan kita tauladan pasti dibalik itu ada hikmahnya. Berkuda merupakan salah satu dari beberapa olahraga yang Beliau ajarkan. Dalam sebuah hadist disebutkan 

“Setiap permainan laghwun yang dilakukan seorang muslim adalah bathil, kecuali ketika dia melemparkan panah dengan busurnya, ketika ia melatih kudanya, dan bercanda dengan istrinya. Ketiga hal ini adalah al-haq.”(HR Tirmidzi, beliau berkata, “hadits hasan shahih.”)

Di dalam hadistn yang lain disebutkan 

‘Abdullah bin ‘Umar radliallahu ‘anhuma berkata; Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Seekor kuda (yang digunakan untuk fii sabilillah), pada ubun-ubunnya akan terus ada (mendatangkan) kebaikan hingga hari kiyamat”. (HR. Bukhari)

Dari kutipan terjemah hadist di atas bahkan kuda memiliki keistimiwaan tersendiri bagi seorang muslim sampai hari kiamat.

2. Berkuda itu menyehatkan 

Menurut buku buku Body For Life for women, saat seseorang berkuda selama lima menit dengan hanya berjalan santai maka akan membakar sebanyak 5 kalori. Karena ternyata dengan berolahraga horseback riding tidak jauh berbeda dengan aktivitas berjalan. Dan perlu kamu tahu, bahwa olahraga ini juga memiliki manfaat yang baik untuk memperbaiki fungsi liver.

Selain membakar kalori dan melatih otot, olahraga ini juga akan membantu kamu menjaga keseimbangan dan koordinasi tubuh, Siapapun dapat mencoba menjalani olahraga ini baik orang dewasa, anak-anak, hingga orang tua.

3. Berkuda melatih keseimbangan Otak

Para peneliti dari Tokyo University of Agriculture mengemukakan, bahwa berkuda dengan duduk di pelana dapat mengaktifkan bagian otak yang berkaitan dengan kemampuan belajar dan memori manusia.

Para peneliti meneliti efek dari menunggang kuda pada kinerja otak manusia dengan membandingkan hasil tes kemampuan otak mereka. Yaitu, membandingkan hasil tes kemampuan otak sebelum dan sesudah berkuda.

Menurut para ahli, hasil ini berarti bahwa berkuda benar-benar dapat meningkatkan kemampuan kognitif yang mengarah kepada ingatan, proses pembelajaran, dan penyelesaian masalah lebih baik. Profesor Mitsuaki Ohta, “Gerakan panggul kuda dapat memberikan masukan motorik dan sensorik ke tubuh manusia menurut hasil penelitian ini.”

4. Berkuda membentuk struktur tubuh

Dalam olahraga berkuda, diperlukan posisi yang benar ketikan berada di atas pelana saat menunggang kuda. Posisi yang benar ketika berkuda diharuskan dengan posisi yang tegap dengan meluruskan punggung dan membukan bagian dada. Hal ini jika dilakukan secara rutin, maka akan membuat penunggang kuda memiliki postur tubuh yang baik.

5. Berkuda melatih kesabaran dan Rasa percaya diri

Mengapa Berkuda dapat melatih kesabaran? karena ketika seseorang belajar berkuda perlu banyak penyesuaian dengan kuda yang ditungganginya. Teori yang disampaikan oleh pelatih tidak begitu saja dapat dipraktikkan. Seekor kuda memiliki karakter dan insting sendiri sehinggah kuda sebagai makhluk hidup juga memiliki keinginan. Dengan berkuda, kesabaran betul-betul dilatih. Namun setalah sudah mendapat penyesuaian dengan kuda, maka penunggang akan memetik hasil dari buah kesabarannya.

Berinteraksi dengan kuda juga melatih percaya diri dan tanggung jawab. Misalnya dengan kegiatan menuntun kuda berjalan saat melakukan pemanasan sebelum naik pelana. Ada ikatan emosional yang terjadi mereka dengan hewan tersebut.

Info lebih lanjut tentang berkuda dan tempat latihan berkuda, Hubungi kontak di bawah ini