Bingung, nyari tempat latihan berkuda yang Recomended?

Belakangan, olahraga berkuda menjadi salah satu kegiatan yg banyak digandrungi oleh masyarakat, terutama kaum muslimin yg faham akan keutamaan berkuda dan apa saja yg berkaitan tentang kuda.

Bahkan tidak hanya kaum Muslimin yang memiliki motivasi tersendiri untuk berlatih menunggang kuda secara benar. Namun dari Masayarakat umum juga banyak yang kini mulai meminati olahraga ini.

Bagi meraka yang belum terjun di dunia olahraga Berkuda namun sebenarnya tertarik untuk mencoba, akan timbul pertanyaan.

“NGERI NGGAK SIH, LATIHAN BERKUDA ITU”

“KAYAKNYA SULIT DEH, SAMPE BISA NGENDALIIN KUDA KAYAK GITU”

“PENGEN LATIHAN, TAPI ADA NGGAK SIH.. TEMPAT LATIHAN BERKUDA YANG REKOMENDED???”

Kami ada solusinya,

Kamu dapat berlatih berkuda dengan nyaman, aman dan mudah

Ditya Horse Land atau bisa disebut Dholand, adalah sebuah tempat yang menyediakan program yang berkaitan tentang pelatihan Kuda. Diantara program-programnya adalah

  1. Les menunggang kuda
  2. Poni Ride
  3. Stabling
  4. konsultasi dunia kuda (jual beli kuda, jual beli kandang, penyiapan lahan stable,dll)
  5. Akademi berkuda (Akselerasi belajar Ilmu Berkuda)

“Kalo aku Belajar berkuda di DHOLAND, nanti dapat fasilitas apa aja?”

Nah, kalo untuk fasilitas belajar berkuda di Dholand adalah

  1. Peralatan Safety Riding (helm dan sepatu berkuda)
  2. Kuda terlatih
  3. Pelatih
  4. Kartu member untuk memantau perkembangan latihan
  5. Lapangan Outdoor yang luas
  6. Waktu yang fleksibel bisa booking pagi atau sore 

Untuk informasi pendaftaran, silahkan hubungi admin kami

Memilih Olahraga Berkuda bagi seorang Muslim.

Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam adalah tauladan bagi seluruh kaum Muslimin. Beliau banyak mengajarkan kepada ummatnya pelajaran yang amat berharga dari segi keutamaan maupun manfaat yang bisa dirasakan langsung di dunia. Salah satunya yang berkaitan dengan aktivitas fisik, yang berguna untuk menjaga kesehatan tubuh agar semua ibadah bisa dilaksanakan secara maksimal.

Secara umum, olahraga adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan yang sudah maklum di masyarakat. Olahraga bisa dilakukan oleh semua kalangan, baik dari golongan anak-anak, remaja, dewasa hingga orang lanjut usia. tentu dengan cara dan porsinya masing-masing.

Dalam Islam, Rosulullah sholallahu ‘alaihi wasallam mengajarkan kepada ummatnya untuk melakukan setidaknya 3 olahraga yakni berkuda, berenang dan memanah.

كُلُّ شَيْءٍ لَيْسَ مِنْ ذِكْرِ اللَّهِ فَهُوَ لَغْوٌ وَلَهْوٌ إِلَّا أَرْبَعَةَ خِصَالٍ : مَشْيٌ بَيْنَ الْغَرَضَيْنِ ، وَتَأْدِيبُهُ فَرَسَهُ ، وَمُلَاعَبَتُهُ أَهْلَهُ ، وَتَعْلِيمُ السَّبَّاحَةِ

“Segala sesuatu yang di dalamnya tidak terdapat dzikrullah (mengingat kepada Allah) merupakan perbuatan sia-sia, seperti senda gurau, dan permainan. Kecuali empat hal yaitu senda gurau suami-istri, melatih kuda, berlatih memanah, dan mengajarkan renang.”

Islam tidak melarang olahraga-olahraga yang saat ini banyak dilakukan oleh masyarakat selain 3 olahraga tersebut. Namun 3 olahraga tersebut adalah yang Rosulullah shallallahu ‘alaihi wasallam ajarkan. Artinya, sebagai seorang Muslim hal ini menjadi perhatian dalam memilih olahraga bagi diri dan keluarga.

Berkuda merupakan olahraga yang melatih kesabaran, ketenangan, kebijaksanaan dan kekuatan. karena hubungan antara penunggang dan kuda perlu banyak penyesuain dan latihan. Beda halnya dengan olahraga yang menggunakan peralatan benda mati yang tidak memiliki insting dan naluri.

Dalam kesehatan pun ada manfaat bagi kesehatan. seperti 

  • Melatih koordinasi dan fleksibilitas tubuh. 
  • Memberikan dampak baik secara psikologis.
  • Membentuk otot perut.
  • Otot punggung lebih kuat dan postur tubuh membaik.
  • Mengencangkan otot paha.
  • Membakar kalori

Nah, itulah beberapa dari manfaat berkuda. Selain mendapatkan manfaat kesehatan bagi tubuh, dengan berkuda atau menjalankan olahraga Sunnah lainnya InsyaAllah juga akan mendapatkan pahala Sunnah disisi Allah Subhanahu Wata’ala.